Pengertian Segmentasi LAN - Blog Bebas

Latest

Thursday, February 1, 2018

Pengertian Segmentasi LAN


Pengertian Segmentasi LAN
Local Area Network (LAN) adalah suatu jaringan yang menghubungkan 2 Komputer atau lebih dengan layanan dan aturan tertentu dalam suatu area tertentu. Bila jaringan terpisah diperlukan atau jika jaringan telah mencapai keterbatasan fisik, segmentasi yang digunakan.Segmentasi LAN dapat memperpanjang jaringan, mengurangi kemacetan, mengisolasi masalah jaringan, dan meningkatkan keamanan.

Keuntungan Segmentasi LAN

Memperluan Jaringan
Ketika sebuah jaringan mencapai Keterbatasan Fisik. Jaringan akan mengalami gangguan.Router dapat ditambahkan untuk membuat segmen baru untuk memungkinkan host tambahan ke LAN.

Kemacetan Jaringan
Sama halnya dengan lalu lintas jika terlalu padat maka akan terjadi kemacetan, tetapi ketika jalan t tersebut dibagi-bagi maka lalu lintas akan lancar kembali. Begitu juga dengan Jaringan, ketika semua Host masuk dalam jaringan yang sama maka akan terjadi kemacetan dalam sebuah Jaringan. Sehingga apabila dibuat sebuah Segementasi Jaringan maka Jalur Host akan di bagi-bagi sehingga mengurangi kemacetan

Mengisolasi Masalah Jaringan
Dengan membagi jaringan menjadi segmen-segmen yang lebih kecil, Anda mengurangi limpahan masalah dari satu segmen ke yang berikutnya.Hardware dan software kegagalan adalah beberapa masalah yang dapat dikurangi untuk mempengaruhi porsi kecil dari jaringan.

Meningkatkan Keamanan
Dengan memanfaatkan segmen, seorang administrator jaringan dapat memastikan bahwa struktur internal dari jaringan tidak akan terlihat dari sumber luar.Paket istimewa hanya akan disiarkan di subnet itu berasal dari, bukan seluruh jaringan.

Segmentasi LAN menggunakan Bridge
Hasil gambar untuk gambar segmentasi lan menggunakan bridge
Fungsi Bridge adalah menyaring Frame didasarkan pada bidang layer. Bridge mengurangi lalu lintas yang dialami oleh perangkat pada semua segmen terhubung. Jembatan atau switch akan bertindak sebagai firewall untuk beberapa kesalahan jaringan yang berpotensi merusak, dan keduanya mengakomodasi komunikasi antara jumlah yang lebih besar dibanding perangkat akan didukung pada setiap LAN tunggal terhubung ke jembatan.

Segmentasi LAN menggunakan Router
routing-vlan1
Segmen yang dihubungkan oleh router untuk mengaktifkan komunikasi antara LAN sementara memblokir jenis lain dari lalu lintas.Router juga memungkinkan untuk interkoneksi LAN yang berbeda dan teknologi WAN sementara juga menerapkan filter siaran dan firewall logis.

Segmentasi LAN menggunakan Switch
lo
Switch LAN dapat digunakan untuk jaringan segmen dalam kelompok kerja virtual yang didefinisikan secara logis (VLAN). Segmentasi ini logis, sering disebut sebagai VLAN komunikasi, menawarkan perubahan mendasar dalam cara LAN dirancang, dikelola, dan dikelola. Segmentasi logis memberikan manfaat besar dalam LAN administrasi, keamanan, dan pengelolaan siaran jaringan di seluruh perusahaan.

No comments:

Post a Comment